Kurikulum/Pembelajaran

Panduan penyusunan kurikulum PT ok

Kurikulum Biologi

Kurikulum Program Studi Biologi disusun berdasarkan scientific vision dan signal market, juga ketentuan KKNI serta hasil musyawarah  forum pertemuan KOBI/ MIPAnet.   Kegiatan terbaru terkait dengan kurikulum adalah perumusan kurikulum berdasarkan keputusan musyawarah Konsorsium Biologi Indonesia yang tertuang dalam  perumusan naskah akademik standar nasional kurikulum bidang Biologi dan Pendidikan Biologi berbasis KKNI dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Nopember 2015 di Universitas Brawijaya Malang.

Kompetensi

Lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud diharapkan memiliki profil yang didasarkan pada capaian pembelajaran yang mencakup empat aspek yaitu Penguasaan Pengetahuan, Kemampuan Kerja, Kemampuan Manajerial, Sikap dan Tata-nilai. Hal ini sesuai dengan aspek yang disepakati dalam beberapa kali forum pertemuan KOBI/ MIPAnet berkenaan dengan kekhususan Program Studi Biologi adalah Penguasaan Pengetahuan dan Kemampuan Kerja bagi jenjang pendidikan sarjana biologi (S-1).

Perumusan kompetensi lulusan dalam kurikulum

Lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud diharapkan memiliki profil sebagai:

  1. Tenaga peneliti.
    Karir ini tersedia bagi lulusan yang ingin bekerja sebagai peneliti dan ahli pengembangan terapan di lembaga pemerintah maupun non pemerintah (sektor swasta) dalam upaya memecahkan persoalan yang berkaitan dengan biologi.
  2. Tenaga pendidik.
    Karir ini bisa dipilih oleh lulusan yang ingin bekerja sebagai akademisi atau yang terkait dengan pendidikan.
  3. Pengelola operasional perusahaan.
    Karir ini tersedia bagi lulusan yang ingin bekerja untuk membangun dan mengembangkan perusahaan yang terkait dengan biologi yang berafiliasi dengan lembaga tertentu yang memiliki kepedulian terhadap persoalan masyarakat.
  4. Tenaga ahli di bidang konservasi sumber daya alam dan pariwisata lingkungan
    Karir ini dapat ditekuni oleh lulusan yang ingin memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan, baik di bidang konservasi sumber daya alam maupun sektor pariwisata.

Berdasarkan hasil tracer study terhadap alumni dan stakeholder pada tahun 2013 dan 2015, lulusan Biologi dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga pemerintah, diantaranya di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), PDAM Bogor, Laboratorium Forensik dan Molekuler POLRI, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Polisi Hutan, Balai Konservasi SumberDaya Alam.Di lembaga non pemerintah, lulusan Biologi bekerja sebagai peneliti di lembaga-lembaga internasional antara lain Komodo Survival Program, Conservation Indonesia, Wildlife Conservation Society, Coral Triangle Center, United Nations High Commissioner for Refugees, lembaga nasional (Yayasan LINI, KOKOKAN, dan Keanekaragaman Hayati) dan di perusahaan swasta Petrokimia Gresik.

Lulusan Biologi banyak yang berprofesi sebagai tenaga pendidik diantaranya sebagai dosen di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Unud; di Program Studi Biologi FMIPA Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Mataram, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Dhyana Pura, IKIP PGRI Denpasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Universitas Nusa Bangsa Bogor, Universitas Panji Sakti Singaraja, Universitas Islam Negeri Makasar; di berbagai fakultas di Universitas Udayana serta di Universitas Islam Ambon. Selain dosen, lulusan Biologi juga ada yang berprofesi sebagai guru serta staf di Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lulusan Biologi juga bekerja sebagai pengelola operasional (supervisorquality control) di bidang perikanan (hatchery, budidaya, pasca panen, export produk perikanan), kehutanan (exportir timber), dan perindustrian (makanan, farmasi dan alat kesehatan).

Lulusan Biologi, ada juga yang berprofesi sebagai kurator di Bali Bird Park, konsultan lingkungan di laboratorium Instalasi Pengolahan Air Limbah, serta konsultan kesehatan di laboratorium Prodia, laboratorium rumah sakit, maupun laboratorium pemerintah di Laboratorium Daerah maupun Badan Pengelolaan Dampak Lingkungan. Di bidang pariwisata, lulusan Biologi bekerja sebagai pengelola (manager) lingkungan di Cultural Park Garuda Wisnu Kencana, Agrowisata, dan hotel-hotel.

Lulusan dengan profil tersebut di atas, standar kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi khusus/lain yang disesuaikan dengan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan.

  1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dinyatakan dalam standar capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Untuk mampu berperan di masyarakat maka lulusan sarjana Biologi FMIPA Unud harus memiliki Kompetensi lulusan. Kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan terdiri dari 4 unsur, sebagai berikut:

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasakan agama, moral, dan etika;
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B.Keterampilan umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menggugahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan menggugahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

C.Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip-prinsip biologi, sumber daya hayati dan lingkungan;
  2. Menguasai konsep aplikasi biologi dan teknologi yang relevan dalam pengelolaaan sumber daya hayati dan lingkungannya;
  1. Menguasai prinsip dasar aplikasi perangkat lunak, instrumen dasar, metode standar untuk analisis dan sintesis pada bidang biologi  yang umum dan spesifik.

D.Keterampilan khusus

  1. Mampu menyajikan solusi dalam memecahkan masalah terkait biologi, melalui penerapan pengetahuan, metode biologi dan teknologi yang relevan secara monodisipliner;
  2. Mampu mengaplikasikan keilmuan biologi pada lingkup kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi masyarakat;
  3. Mampu mengelola sumber daya hayati dan lingkungan dalam lingkup spesifik.

Struktur Kurikulum klik Struktur Kurikulum

Beberapa dokumentasi pembelajaran