Kurikulum/Pembelajaran

Panduan penyusunan kurikulum PT ok

Kurikulum Biologi

Kurikulum Program Studi Biologi disusun berdasarkan scientific vision dan signal market, juga ketentuan KKNI serta hasil musyawarah  forum pertemuan KOBI/ MIPAnet.   Kegiatan terbaru terkait dengan kurikulum adalah perumusan kurikulum berdasarkan keputusan musyawarah Konsorsium Biologi Indonesia yang tertuang dalam  perumusan naskah akademik standar nasional kurikulum bidang Biologi dan Pendidikan Biologi berbasis KKNI dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Nopember 2015 di Universitas Brawijaya Malang.

Kompetensi

Lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud diharapkan memiliki profil yang didasarkan pada capaian pembelajaran yang mencakup empat aspek yaitu Penguasaan Pengetahuan, Kemampuan Kerja, Kemampuan Manajerial, Sikap dan Tata-nilai. Hal ini sesuai dengan aspek yang disepakati dalam beberapa kali forum pertemuan KOBI/ MIPAnet berkenaan dengan kekhususan Program Studi Biologi adalah Penguasaan Pengetahuan dan Kemampuan Kerja bagi jenjang pendidikan sarjana biologi (S-1).

Perumusan kompetensi lulusan dalam kurikulum

Lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud diharapkan memiliki profil sebagai:

  1. Tenaga peneliti.
    Karir ini tersedia bagi lulusan yang ingin bekerja sebagai peneliti dan ahli pengembangan terapan di lembaga pemerintah maupun non pemerintah (sektor swasta) dalam upaya memecahkan persoalan yang berkaitan dengan biologi.
  2. Tenaga pendidik.
    Karir ini bisa dipilih oleh lulusan yang ingin bekerja sebagai akademisi atau yang terkait dengan pendidikan.
  3. Pengelola operasional perusahaan.
    Karir ini tersedia bagi lulusan yang ingin bekerja untuk membangun dan mengembangkan perusahaan yang terkait dengan biologi yang berafiliasi dengan lembaga tertentu yang memiliki kepedulian terhadap persoalan masyarakat.
  4. Tenaga ahli di bidang konservasi sumber daya alam dan pariwisata lingkungan
    Karir ini dapat ditekuni oleh lulusan yang ingin memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan, baik di bidang konservasi sumber daya alam maupun sektor pariwisata.

Berdasarkan hasil tracer study terhadap alumni dan stakeholder pada tahun 2013 dan 2015, lulusan Biologi dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga pemerintah, diantaranya di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), PDAM Bogor, Laboratorium Forensik dan Molekuler POLRI, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Polisi Hutan, Balai Konservasi SumberDaya Alam.Di lembaga non pemerintah, lulusan Biologi bekerja sebagai peneliti di lembaga-lembaga internasional antara lain Komodo Survival Program, Conservation Indonesia, Wildlife Conservation Society, Coral Triangle Center, United Nations High Commissioner for Refugees, lembaga nasional (Yayasan LINI, KOKOKAN, dan Keanekaragaman Hayati) dan di perusahaan swasta Petrokimia Gresik.

Lulusan Biologi banyak yang berprofesi sebagai tenaga pendidik diantaranya sebagai dosen di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Unud; di Program Studi Biologi FMIPA Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Mataram, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Dhyana Pura, IKIP PGRI Denpasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Universitas Nusa Bangsa Bogor, Universitas Panji Sakti Singaraja, Universitas Islam Negeri Makasar; di berbagai fakultas di Universitas Udayana serta di Universitas Islam Ambon. Selain dosen, lulusan Biologi juga ada yang berprofesi sebagai guru serta staf di Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lulusan Biologi juga bekerja sebagai pengelola operasional (supervisorquality control) di bidang perikanan (hatchery, budidaya, pasca panen, export produk perikanan), kehutanan (exportir timber), dan perindustrian (makanan, farmasi dan alat kesehatan).

Lulusan Biologi, ada juga yang berprofesi sebagai kurator di Bali Bird Park, konsultan lingkungan di laboratorium Instalasi Pengolahan Air Limbah, serta konsultan kesehatan di laboratorium Prodia, laboratorium rumah sakit, maupun laboratorium pemerintah di Laboratorium Daerah maupun Badan Pengelolaan Dampak Lingkungan. Di bidang pariwisata, lulusan Biologi bekerja sebagai pengelola (manager) lingkungan di Cultural Park Garuda Wisnu Kencana, Agrowisata, dan hotel-hotel.

Lulusan dengan profil tersebut di atas, standar kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi khusus/lain yang disesuaikan dengan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan.

Kompetensi Utama

Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh Sarjana Biologi FMIPA Unud antara lain:

  1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggungjawab sesuai dengan budaya yang berlaku di Indonesia
  2. Mampu dan terampil dalam penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu-ilmu Biologi sehingga dapat menjadi peneliti yang unggul, mandiri dan siap bersaing di tingkat nasional.
  3. Mampu mengidentifikasi dan menggali potensi (eksplorasi) serta memanfaatkan sumberdaya alam untuk meningkatkan ketahanan pangan secara berkelanjutan.
  4. Mampu mengidentifikasi dan menggali potensi serta memanfaatkan sumberdaya alam untuk menunjang pariwisata lingkungan (ekowisata) yang berwawasan budaya.
  5. Mampu mempertahankan kearifan budaya lokal dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan serta sumber daya alam.
  6. Mampu bekerjasama dan mengembangkan jejaring dengan berbagai stakeholder dalam mengidentifikasi dan menggali potensi biodiversitas.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud harus mampu menyelesaikan 79 SKS mata kuliah yang telah ditetapkan sebagai kelompok mata kuliah kompetensi utama seperti yang tercantum dalam Panduan Akademik Program Studi Biologi FMIPA Unud.

Kompetensi utama Program Studi Biologi FMIPA Unud sesuai dengan Capaian Pembelajaran (LO) Program Studi Biologi Nasional dalam KOBI Tahun 2015 yaitu terbagi atas aspek Penguasaan Pengetahuan, yang masing-masing mengandung pemahaman yaitu:

  1. penguasaan pengetahuan tentang prinsip-prinsip biologi (misalnya konsep spesies, populasi, gen)
  2. penguasaan pengetahuan tentang konsep aplikasi bidang biologi (misalnya konsep mengaplikasikan metode analisis vegetasi untuk konservasi sumber daya hayati)
  3. penguasaan pengetahuan tentang prinsip dasar aplikasi perangkat untuk keperluan analisis dan sintesis di bidang Biologi (misalnya prinsip dasar aplikasi mikroskop).

Sedangkan kompetensi untuk aspek Kemampuan Kerja (Khusus) dijabarkan dalam tiga hal kemampuan, yaitu :

  1. kemampuan lulusan dalam memecahkan masalah sederhana di bidang Biologi berkaitan dengan kontribusinya dalam suatu tim/organisasi untuk pengambilan keputusan yang tepat
  2. kemampuan memanfaatkan keilmuan Biologi dalam kehidupan sehari-hari baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakatnya
  3. kemampuan untuk melaksanakan ide kreatif dalam mengelola sumber daya hayati di lingkungan tertentu (lingkup spesifik).

Kompetensi Pendukung Lulusan

Kompetensi pendukung lulusan program studi Biologi meliputi:

  1. Mengerti dan memahami perkembangan mutakhir ilmu Biologi
  2. Mampu menerapkan teori dan praktik secara kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu Biologi
  3. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu Biologi, terkait dengan perkembangan teknologi, dan berbasis pola ilmiah pokok kebudayaan lokal sebagai kearifan dan keunggulan prodi
  4. Mampu memberikan solusi, gagasan, desain atau serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  5. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian biologi, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
  6. Mengelola pembelajaran secara mandiri.
  7. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun luar lembaganya.

Kompetensi pendukung di atas, lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud harus dapat menyelesaikan 40 SKS mata kuliah yang telah ditetapkan sebagai kelompok mata kuliah kompetensi pendukung seperti yang tercantum dalam Panduan Akademik Program Studi Biologi FMIPA Unud.

 Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Kompetensi lain yang harus dimiliki oleh Sarjana Biologi antara lain:

  1. Memiliki jiwa dan semangat inovatif dan proaktif untuk peningkatan kualitas pekerjaan.
  2. Memiliki jiwa kewirausahaan untuk mengaplikasikan biologi yang menunjang kebutuhan pangan, kesehatan dan pariwisata.
  3. Mampu menggunakan dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan Inggris dengan baik dan benar, lisan maupun tulisan.
  1. Memiliki jiwa cinta tanah air untuk mempertahankan dan mengembangkan kearifan budaya lokal.

Lulusan Program Studi Biologi FMIPA Unud harus memiliki kompetensi lainnya setelah menyelesaikan 25 SKS mata kuliah yang telah ditetapkan sebagai kelompok matakuliah kompetensi lainnya/pilihan.