Visi dan Misi

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI BIOLOGI FMIPA UNUD

 

Visi Universitas Udayana:

Terwujudnya lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri dan berbudaya.

Visi Fakultas MIPA Unud:

Menjadikan FMIPA Unud sebagai institusi pengembang IPTEKS melalui pendalaman ilmu-ilmu dasar dan terapan, yang unggul, mandiri dan berbudaya, mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing global.

Visi Program Studi Biologi FMIPA Unud:

Berdasarkan visi Universitas dan Fakultas MIPA, maka disusunlah Visi Program Studi Biologi FMIPA Unud yaitu:

Menjadi pusat unggulan pendidikan dan penelitian di bidang Biologi yang mandiri dan bertaraf Internasional untuk menunjang kelestarian sumber daya hayati, ketahanan pangan dan pariwisata lingkungan yang berwawasan budaya yang akan dicapai pada tahun 2025.

Makna beberapa kata kunci dari visi Program Studi Biologi Unud ini adalah sebagai berikut:

Unggul berarti Program Studi Biologi FMIPA Unud secara terencana melaksanakan proses pembelajaran dan penelitian yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing yang tinggi, sehingga menjadi terdepan dalam penyediaan tenaga terampil di bidang biologi dengan tetap berpedoman pada etika dan toleransi untuk menunjang kelestarian sumber daya hayati, ketahanan pangan dan pariwisata berdasarkan pada kearifan lokal.

Mandiri berarti sumber daya manusia yang dihasilkan Program Studi Biologi FMIPA Unud memiliki kepribadian yang tangguh, berdaya saing tinggi, dan mampu menunjukkan kompetensi sesuai bidangnya sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri.

Berbudaya berarti lulusan sebagai sumber daya manusia yang dibekali dengan kompetensi berupa penerapan etika dan toleransi terhadap keragaman budaya, baik ketika menekuni profesi sebagai akademisi, profesional, maupun karir lainnya. Perilaku berbudaya diharapkan tetap mempertahankan kearifan budaya lokal dengan senantiasa menjaga kelestarian lingkungan serta sumber daya hayati. Selain itu, dilengkapi juga dengan kemampuan bekerjasama dan mengembangkan jejaring dengan berbagai stakeholder dalam mengidentifikasi dan menggali potensi biodiversitas.

Misi Program Studi Biologi FMIPA Unud:

Sesuai dengan visi tersebut di atas, Misi Program Studi Biologi FMIPA Unud yang direncanakan hingga tahun 2025 adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran biologi serta aplikasinya yang berkualitas dengan mengoptimalkan kearifan budaya lokal.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian bidang Biologi serta aplikasinya yang mampu bersaing di tingkat internasional.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri terkait bidang Biologi serta aplikasinya dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maupun penyebaran lulusan Biologi.

Tujuan Program Studi Biologi FMIPA Unud:

Dari misi tersebut di atas, tersusunlah tujuan Program Studi Biologi Unud seperti tercantum di bawah ini.

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral, unggul, mandiri dan berbudaya.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang biologi yang inovatif dan produktif yang menunjang kelestarian sumber daya hayati, ketahanan pangan dan pariwisata dengan mengoptimalkan berkearifan budaya lokal.
  3. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pengguna (stakeholder) dalam bidang biologi serta pemanfaatannya untuk menunjang kelestarian sumber daya hayati, pariwisata dan ketahanan pangan.