Kelompok Studi

Kelompok studi bertugas membina kerjasama, melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan bidangnya. Dalam melaksanakan tugasnya, ketua kelompok studi minimal dibantu oleh seorang sekretaris. Ketua kelompok studi bertanggungjawab kepada ketua Program Studi, kecuali yang berada pada tingkat fakultas bertanggung jawab kepada dekan.

Dalam pengembangan SDM dan institusi, Program Studi Biologi memiliki beberapa kelompok studi. Kelompok studi di Program Studi Biologi dibentuk oleh Program Studi atau fakultas yang fungsinya untuk mengoptimalkan potensi dosen dan mahasiswa yang tertarik dibidang bersangkutan.  Kelompok studi yang ada di Program Studi Biologi adalah:

  1. Kelompok studi Etnobiologi (yang mengkaji pemanfaatan keanakeragaman hayati dalam keterkaitannya dengan etnis dan tradisi )
  2. Kelompok studi Ekowisata dan Pembangunan Berkelanjutan (mengkaji penerapan ekowisata yang berbasis pada ekonomi berkelanjutan, pelestarian Kenanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat lokal
  3. Kelompok Studi Pesisir dan Kelautan (mengkaji aspek ekologi dari kawasan pantai dan laut).
  4. Komodo International Study Group (KOMISG), yang memberikan peluang bagi dosen dan mahasiswa Biologi dalam meneliti aspek-aspek Biologi dari Komodo.
  5. Kelompok Studi Mangrove. (mengkaji ekosistem mangrove terkait biodiversitas dan konservasinya )
  6. Kelompok studi bahan bakar nabati
  7. Kelompok studi hortikultura ( Pengembangan tanaman hortikultura)
  8. Kelompok studi Diversitas Hewan
  9. Kelompok studi DiversitasTumbuhan
  10. Kelompok studi Pengendali Hayati
  11. Kelompok studi Eksplorasi Bahan Alam. ( Eksplorasi bahan Alam dengan segala potensi yang dimilikinya )